11 Hewan peliharaan kecil yang cocok bagi kamu

Hewan memiliki keindahan dan keunikan yang bisa dinikmati sehingga banyak orang memelihara hewan. Seperti burung yang bisa dinikmati suara kicauannya, kucing yang bisa diajak bermain, dll. Memelihara hewan tentunya memerlukan ruang untuk tempat tinggalnya (kandang). Nah, bagaimana jika kita hidup di rumah yang kecil, atau di kos-kosan. Tentunya yang menjadi masalah adalah ruang bagi hewan peliharaan kita. Untuk itu sebaiknya kita memilih hewan berukuran kecil sebagai hewan peliharaan. Disini akan dibahas beberapa hewan kecil dan imut yang bisa dipelihara tanpa ruang yang besar.
1.kelinci
Kelinci adalah hewan yang imut menggemaskan, tetapi sering tidak suka dipegang. Namun, mereka selalu senang berada di dekat manusia. Kelinci biasanya suka dielus dan diberi makan dengan tangan, namun bisa meronta saat digendong. Kelinci juga suka menggali terowongan di tanah untuk tempat tinggal apabila alas kandangnya tanah. Sebaiknya beri kandang bambu atau besi untuk kelinci. Kelinci suka berlari, jadi sesekali keliarkan dari kandang dan ajaklah dia bermain di halaman rumah.
2.musang
Musang bersifat aktif, mudah bersosial, dan suka bermain (dengan manusia dan satu sama lain) di siang hari. mereka akan membutuhkan kandang yang cukup besar agar leluasa bergerak. Musang terbilang hewan yang bisa dijinakkan, jika dirawat sejak bayi dan dirawat dengan baik, musang dapat bonding dengan pemiliknya.
3.hamster
Hamster terbilang hewan soliter, tetapi hamster dapat dipelihara bersama-sama. Mereka paling aktif di malam hari, hamster dapat dengan mudah dijinakkan dengan perhatian yang teratur. Biasalah berinteraksi dengan hamster peliharaan anda. Jenis Syrian cenderung sedikit lebih mudah ditangani daripada hamster jenis lain.

Hamster tidak membutuhkan banyak ruang atau kandang yang besar, jadi mereka adalah hewan peliharaan yang cocok untuk ruangan kecil. Namun, dengan kandang berukuran lebih besar dan aksesoris yang tepat, hamster akan lebih betah dan kita bisa melihat dia bermain di kandangnya..
4.marmut
Marmut (Guinea pig) bersifat sosial dan mudah ditangani. Mereka biasa membuat suara "wheeking" yang keras (bunyinya “gwik gwik gwik”), terutama saat mereka mencari makanan dan saat kita datang untuk memberi mereka makan. Mereka tidak selalu bersuara, tetapi mereka lebih sering mengeluarkan suara dari pada hewan-hewan di artikel ini.

Hewan pengerat ini membutuhkan kandang besar dan sebaiknya dipelihara dalam kelompok. Marmut juga akan senang jika diajak bermain di luar kandang.
5.Kadal
Leopard gecko dan bearded dragon adalah pilihan yang baik untuk pemula dan ruang yang lebih kecil. Mereka tidak memerlukan kandang yang begitu besar. Cukup diletakkan di akuarium atau terarium, untuk bearded dragon kandang harus disesuaikan dengan ukuran badan.
6.Ular
Corn snake, ball python, dan ular piton batik adalah pilihan yang baik untuk pemula. Namun, berhati-hatilah, ular bisa melarikan diri dengan mudah karena badannya yang fleksibel dan bisa melewati celah kecil. Tentunya tetangga anda bisa geger saat tau ular anda kabur.
7.Kura-kura
Sebaiknya anda memilih jenis kura-kura terlebih dahulu. Kura-kura air bisa hidup di akuarium, namun kura-kura darat seperti tortois membutuhkan area untuk bergerak di darat dan berjemur di bawah sinar matahari.
8.landak mini
Landak mini paling aktif di malam hari. Di alam liar mereka sangat aktif dan suka bepergian jauh. Mereka membutuhkan kandang berukuran cukup besar agar mereka bisa bergerak leluasa, landak mini biasanya hidup sendiri namun bisa juga dipelihara dengan pasangannya.
9.sugar glider
Sugar Glider bersifat sosial dan akan memiliki ikatan dengan pemiliknya jika dipelihara dari usia muda. Karena sifat sosial mereka, Sugar Glider bisa hidup berdampingan dalam sebuah koloni. Biasakan bermain dengan sugar glider anda dan memberi mereka makan dengan tangan anda agar semakin jinak. Sugar glider sangat aktif di malam hari dan akan membutuhkan kandang yang besar, tetapi perlu diingat bahwa kandang tinggi lebih baik untuk sugar glider daripada kandang panjang.
10.katak
Kebanyakan katak tidak memrlukan ruang yang besar, jadi mereka juga cocok dipelihara bagi kamu yang tidak memiliki lahan luas. Katak bisa dipelihara di akuarium kamar, container plastic, dll. Ada beberapa jenis katak yang bisa kamu pelihara: katak air (dwarf clawed frogs, African clawed frogs), semi-aquatic frogs, katak pohon (American green tree frog, White's tree frog), katak besar (pacman).
11.tarantula
Tarantula bersifat tenang, bersih, mudah dirawat, dan membutuhkan ruang yang sangat sedikit.
Memelihara tarantula susah-susah gampang, kandang yang dibutuhkan kecil, makanan juga mudah didapat. Namun kita tidak tau emosi dari tarantula. Karena tarantula lebih suka diam, kita tidak tau apakah dia sehat atau sedang sakit.

Berhati-hatilah dengan tarantula karena tarantula memiliki racun yang bisa berakibat buruk bagi kita.

Share:

0 komentar