Mengenal Landak Mini - The Hedgehog


Hedgehog atau lebih dikenal sebagai landak mini adalah hewan yang unik dan juga dapat dipelihara. Kenapa hewan ini saya katakan unik?, itu karena sebagian tubuh meraka ditutupi dengan duri kecil dan jika mereka ketakutan, mereka akan berguling dan menjadi bola duri. Pada game sega, kita mungkin mengenal karakter bernama sonic the hedgehog yang berwarna biru dan bisa lari dengan kencang. Karakter sonic diadaptasi dari hewan ini. Tapi menurut saya hewan aslinya lebih imut dan menggemaskan.

Nama: Landak mini, Landak kerdil Afrika, African pygmy hedgehog, Atelerix albiventris
Ukuran: Panjang bisa mencapai 12 – 20 cm
Umur: Rata-rata lima tahun

Seperti namanya, hewan ini asli dari Afrika tengah dan Afrika timur. Di alam liar mereka dapat ditemukan di daerah Gambia, Mozambik, Somalia, dan negara-negara Afrika lainnya. Di alam liar mereka memakan serangga kecil, belatung, siput, laba-laba, dan vertebrata kecil.

Diet (makanan) Landak
Landak mini adalah hewan pemakan serangga dan makhluk-makhluk kecil. Ulat hongkong dan jangkrik adalah serangga yang paling sering diberi makan di penangkaran, tetapi makanan yang bagus adalah yang dijual di toko yang diformulasikan khusus untuk landak mini. Biasanya berisi olahan serangga bersama dengan vitamin dan mineral untuk membuat kandungan seimbang untuk landak mini. Banyak pemilik dan peternak masih memberi makan makanan kucing ke landak mereka tetapi sebenarnya ini kurang ideal.

Saya memberi makan landak saya dengan makanan kucing karena lebih mudah didapat, dan diselingi makanan hidup seperti ulat hongkong.

Kandang Landak mini
Kandang yang dibuat untuk marmut dan kelinci cocok untuk landak tetapi bagian dasar kandang yang biasanya adalah kawat ayakan pasir harus dihindari karena landak memiliki kaki kecil yang akan terluka jika jatuh melalui lubang kawat. Bahan alas kandang seperti kertas koran bekas, serbuk kayu bersih atau handuk yang diganti secara teratur adalah alas yang bagus untuk kaki sensitif landak mini.

Running wheel besar seperti yang biasa digunakan untuk hamster sebaiknya juga disediakan untuk landak mini anda. Letakkan running wheel di dalam kandang bersama dengan hidden cage, mangkuk makanan, dan botol air. Pastikan running wheel dibersihkan secara teratur untuk menghindari kotoran yang menumpuk yang dapat menyebabkan infeksi pada kaki landak mini.

Landak sangat aktif di malam hari. Jika mereka tidak bisa beraktivitas dalam jumlah besar sebagaimana yang mereka butuhkan, mereka mungkin akan depresi, kelebihan berat badan, dan mendapatkan luka kaki. Banyak aktivitas sangat penting bagi landak, jadi sediakanlah ruang bagi landak agar mereka bisa bergerak aktif.

Menangani Landak mini
Landak mini jelas memiliki banyak duri tetapi itu tidak berarti mereka tidak bisa dipegang. Landak yang jinak akan datang ke tangan Anda, memakan makanan dari tangan Anda, dan bahkan senang digendong sebentar. Landak mini muda lebih mudah dijinakkan daripada yang lebih tua, oleh karena itu sebaiknya anda memilih memelihara landak mini yang masih berumur sekitar 2 bulan.

Biasanya, landak tidak suka kepala mereka dielus dan akan berguling menjadi bola berduri saat ketakutan. Karena landak tidak begitu menyukai air, jika Anda kesulitan membersihkan kaki landak, cobalah menaruhnya di bak mandi dangkal di mana hanya kakinya direndam dalam air atau berjalan di atas handuk basah.

Kesehatan Landak
Penyakit gigi, masalah kulit termasuk kutu dan tungau, parasit usus, dan tumor semua bisa menjadi masalah bagi landak mini. Menjaga lingkungan tetap bersih adalah cara paling mudah mencegah penyakit. Beberapa pemilik dapat menyikat gigi landak mereka menggunakan pasta gigi kucing dan sikat gigi kecil atau cotton buds untuk bayi, tetapi ini sangat jarang karena sulit dilakukan.

Kehilangan duri adalah hal wajar jika dalam jumlah kecil, tetapi jika landak Anda kehilangan banyak duri sehingga terlihat botak, mungkin ada masalah medis. Infestasi parasit seperti kutu adalah alasan paling umum untuk kehilangan banyak duri.

Share:

0 komentar